Outbound Anak, Merangsang Tumbuh Kembang Fisik

Outbound Anak, Merangsang Tumbuh Kembang Fisik

outbound anak

RSVHQ.com – Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk merangsang tumbuh kembang anak. Kegiatan tersebut dapat ditemukan dalam permainan di dalam outbound anak seperti high ropes, low ropes, flying fox, trampoline.

Masa kanak-kanak adalah masa penting untuk proses tumbuh dan kembang seorang manusia. Rangsangan pada aktivitas fisik penting untuk membantu anak melatih kemampuan motoriknya. Sejatinya, anak-anak menyukai kegiatan fisik yang sifatnya menggembirakan seperti memanjat pohon, bermain air, dan berlari-larian.

Namun kadang kegiatan-kegiatan itu tidak sejalan dengan restu orang tua, padahal kegiatan fisik seperti itu sangat penting bagi anak. Selain menggembirakan dan melatih kelincahan mereka, berkegiatan fisik juga dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan penyakit pembuluh darah. Sayangnya kini banyak orang tua yang justru memberikan fasilitas yang membuat anak tenang diam berlama-lama di satu tempat alih-alih bermain di luar.

outbound anak

 

Keinginan Outbound Anak vs. Restu Orang Tua

Orang tua sejatinya memberikan yang terbaik bagi anak. Namun selalu ada alasan bagi orang tua untuk melarang anaknya bermain di luar rumah. Berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan merupakan dua hal yang paling sering dijadikan alasan orang tua melarang anak beraktivitas di luar rumah.

Larangan ini berakhir menjadi benteng bagi anak untuk berani mencoba hal baru. Anak menjadi takut untuk bereksperimen, takut mengambil risiko, dan tidak percaya diri karena selalu diselimuti perasaan takut melakukan kesalahan. Tentunya orang tua tidak mau anaknya berakhir menjadi seperti ini.

Kegiatan aktif seorang anak seperti memanjat pohon dan bermain di lumpur tidak harus selalu berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan. Mungkin Anda tinggal di kompleks perumahan yang tidak terdapat kubangan lumpur atau lapangan bola yang becek.

Yang tersedia mungkin adalah kubangan air di pinggir jalan hasil dari hujan deras semalam. Melihat kubangan tersebut tidak aneh bila seorang anak merasa girang dan ingin segera menceburkan diri ke sana. Eits, tunggu dulu. Ketika melirik ke arah ibu, pasti si anak langsung menciutkan niatnya bermain air di sana.

Dari kaca mata ibu, kuman dan segala penyakit bersarang di kubangan itu, pastinya ibu tidak akan mengizinkan anaknya bermain di sana. Meskipun ibu tahu bahwa anaknya akan bahagia bila diizinkan bermain air di sana, tetap saja ada risiko menjadi kotor atau sakit. Risiko tersebut tidak akan diambil oleh si ibu, tentu saja. Alih-alih mengizinkan bermain di air yang tergenang, ibu pasti akan mengubur keinginan si anak berkotor-kotor menceburkan diri, bahkan tetap tidak memberi izin untuk sekedar mencelupkan kaki.

Hal ini terjadi juga pada anak yang suka memanjat. Di umur balita, anak sedang suka-sukanya bereksplorasi, mencari tahu, merasakan, penasaran, dan mengambil risiko. Salah satu cara mereka mendapatkan tantangan tersebut adalah dengan cara memanjat. Merasakan berada di ketinggian merupakan perasaan yang baru dan menggairahkan bagi anak. Biasanya pengalaman itu dapat mereka rasakan dengan cara memanjat pohon, terali besi di jendela rumah, lemari, pintu, meja, dipan kasur, atau apa pun yang bisa mereka panjat.

Bisa mencapai ketinggian tertentu dapat dihitung sebagai pencapaian pribadi. Dengan memanjat, anak bisa belajar mengontrol kemampuan motorik kasarnya, melatih membaca kemampuan diri, dan belajar mencapai goal-nya. Belum lagi ditambah rasa adrenaline rush yang muncul ketika ketinggian semakin bertambah. Kadang ibu tidak bisa selalu memonitor kegiatan si anak, sementara anak ingin selalu mengulang kegiatan tersebut. Ibu akan khawatir bila anaknya terjatuh dan terluka karena ibu sedang konsentrasi di kegiatan lain.

Merangsang Tumbuh Kembang dengan Kegiatan Fisik di Tempat Outbound Anak  Bukannya selalu ingin membatasi, tetapi ibu pastinya mempertimbangkan faktor keselamatan. Bila salah langkah, anak bisa terjatuh dan kecemasan ibu akan jauh lebih besar dari sakit yang dirasakan si anak. Mudahnya, orang tua akan melarang saja keinginan anak yang berisiko. Padahal sebenarnya kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan aman dan bertanggungjawab. Untuk menjawab kecemasan orang tua, kini sudah banyak tersedia penyedia jasa bermain yang dalam hal ini bisa memenuhi kebutuhan anak dan orang tua.

outbound anak

Bebas Bermain Tanpa Perlu Khawatir

Sekarang ini sudah ada jasa yang memberikan pengalaman bermain yang sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti lokasi wisata atau tempat bermain yang memberikan fasilitas untuk anak agar bisa merasakan adrenalinnya terpicu. Permainan-permainan dalam outbound anak selain menyenangkan juga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Permainan seperti memanjat, melempar, melompat, dan berayun bisa dinikmati oleh anak tanpa orang tua harus merasa khawatir akan keamanan. Salah satu lokasi wisata di Bogor menyediakan sarana bermain ini.

Tempat outing ini berada di Taman Budaya Sentul. Di sana anak bisa bermain permainan-permainan tersebut dengan aman karena didampingi oleh tenaga ahli. Pilihan-pilihan permainan yang tersedia pun cukup beragam, anak bisa memilih permainan seperti flying fox, trampoline, dan sebagainya. Anak bisa memilih beragam jenis permainan dengan pilihan yang menarik sesuai dengan kesukaannya, seperti yang tersedia di permainan atraktif.

Selain pilihan permainan atraktif, Taman Budaya Sentul juga menyediakan tempat outbound anak. Terdapat program-program khusus anak yang tujuannya untuk melatih ketangkasan dan kedisiplinan anak. Program Kids High Ropes dan program Kids Army adalah dua program outbound anak yang bisa dipilih.

  • Program Kids High Ropes. Program ini menawarkan permainan lengkap berisi beragam zona permainan untuk anak usia 3-10 tahun. Dalam program ini anak akan merasakan pengalaman petualangan dengan dukungan perlengkapan yang disediakan. Terdapat beberapa zona petualangan dalam program outbound anak ini seperti x-crossing, net bridgebig slider, flying fox, dan lainnya. Anak akan diajak untuk merasakan berjalan di atas tali di ketinggian, atau meluncur menggunakan tali dari atas menara, dan beragam permainan lain yang tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak.
  • Selain itu tersedia juga pilihan program kids army. Program satu hari yang bermanfaat untuk membantu anak membentuk karakter, melatih disiplin, dan tanggung jawab. Pada program outbound anak ini peserta harus melewati tiga zona, yaitu zona tamtama, zona bintara, dan zona perwira. Program ini dapat diikuti oleh anak usia 5-10 tahun. Program ini terdiri dari zona kegiatan seperti flying foxshooting target, dan lainnya. Yang lebih menyenangkan, setiap kali anak berhasil melewati satu zona tantangan, maka ia akan diberikan medali sebagai penghargaan. Seru kan? Program outbound anak ini didesain layaknya seperti metode yang ada pada ketentaraan. Dan pada proses bermain, anak-anak akan didampingi oleh kakak-kakak pendamping yang sudah terlatih dan ahli.

Dengan adanya pilihan permainan yang aman tersebut jadi orang tua tidak perlu ragu bila ingin memperkenalkan pengalaman beraktivitas yang seru untuk anak.

Taman Budaya menyediakan banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan tempat outing di Bogor dan tempat outbound anak yang menarik dan lengkap.

Tentunya juga dengan selalu mengedepankan keamanan dan kenyamanan. Selain itu juga lokasi tempat bermain ini sangat mudah dijangkau baik dari Bogor maupun dari kota-kota di sekitarnya. Mengisi waktu di akhir pekan bersama keluarga atau berwisata bersama teman-teman sekolah bisa dilakukan di Taman Budaya. Merangsang Tumbuh Kembang dengan Kegiatan Fisik di Tempat Outbound Anak

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart